Selamat datang di website resmi Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Iistimewa Yogyakarta.

Artikel

Merti Dusun, Wujud Syukur Padukuhan Sengir

10 Maret 2020 09:35:51  Administrator  970 Kali Dibaca  Berita Lokal

Jumat, 5 Maret 2020 diadakan pagelaran wayang kulit dalam rangka Merti Dusun Sengir atau disebut juga sedekah bumi. Agenda ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan di Padukuhan Sengir, Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap. Peringatan tahunan ini adalah salah satu wujud syukur kepada Sang Pencipta, agar hasil bumi yang telah dipanen mendapatkan hasil yang melimpah dan berkah. Semangat gotong- royong masyarakat Sengir dalam mengadakan acara tersebut sudah turun temurun dan selalu dilestarikan.

Pagelaran Wayang Kulit ini bertempat di Rumah Bapak Sudi Utomo dengan dalang Ki Suparno (siang), dan Ki Rubiyanto Guno Carito (malam) dari Hargotirto dengan lakon "Merkukuhan". Jumat (05/03/2020). "Intinya warga masyarakat Sengir masih ingin melestarikan budaya bangsa peninggalan nenek moyang, sesuai dengan Undang-undang nomer 5, tentang melestarikan budaya bangsa, karena kalau tidak dilestarikan nantinya yang masuk budaya kebarat-baratan". Ungkap Heri Suyatino selaku Kepala Pedukuhan Sengir. 

Di siang sebelum acara dimulai seluruh warga Sengir berkumpul untuk melaksanakan dikenduri bersama, dimaksud agar masyarakat Pedukuhan Sengir bisa hidup Guyup Rukun Loh Jinawi. Selain dihadiri oleh warga baik dari anak hingga lansia sekitar juga dihadiri oleh Lurah Kalirejo dan Pamong. Selain untuk menghibur masyarakat, pagelaran wayang kulit juga sebagai bentuk pelestarian budaya Jawa agar di jaman yang semakin maju, pagelaran wayang kulit seperti ini masih konsisten diadakan dalam prosesi upacara adat merti dusun.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:38
    Kemarin:384
    Total Pengunjung:198.080
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.160.249
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel