Selamat datang di website resmi Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Iistimewa Yogyakarta.

Artikel

Kunjungan Perwakilan Tim KKN-PPM UGM Periode 6 ke Kelurahan Kalirejo

27 Mei 2020 09:28:53  kknugm  859 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada hari Jumat, 8 Mei 2020 Kelurahan Kalirejo menerima kunjungan dari tim KKN-PPM UGM Periode 6. Tim KKN-PPM UGM yang diwakili oleh pak Galuh Adi Insani, Hafidz, dan Fernando ini merupakan lanjutan dari tim sebelumnya (tim KKN-PPM UGM Periode 2) yang juga KKN di Kalirejo. Pada awal perbincangan, tim KKN-PPM UGM memaparkan maksud dan tujuan serta menyampaikan tema KKN kali ini yaitu Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan dalam Rangka Penanganan Covid-19. Selain memaparkan tema, perwakilan juga melakukan wawancara bersama beberapa perangkat desa mengenai kondisi masyarakat dari berbagai segi juga mengenai kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini. Pun diskusi juga tidak terlepas dengan potensi-potensi Kalirejo yang sekiranya bisa menjadi perhatian teman-teman dari tim KKN-PPM UGM. Dengan segala keterbatasan, tantangan, dan segala hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan, tim dari UGM dan pihak Kalirejo tetap terlihat antusias mendiskusikan berbagai kemungkinan yang bisa dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini. Di tengah ibadah puasa Ramadhan dan ditambah panasnya hari itu seakan tidak menyurutkan semangat berdiskusi dalam mewujudkan ketenteraman Kalirejo kedepannya.

Potensi alam yang melimpah serta didukung dengan solidaritas yang kuat antar warga diharapkan mampu menjadi sumber daya yang kuat untuk Kalirejo. Tuntutan zaman di tengah kondisi pandemi seperti ini juga mengharuskan semua pihak untuk siap bersaing, tentu dengan cara yang tepat dan sehat pula. Perkembangan teknologi dan arus informasi juga tak ketinggalan menjadi konsen pertemuan kala itu agar kedepannya masyarakat Kalirejo mampu mengikuti perkembangan zaman dengan tetap berpegang teguh pada kearifan lokal. Misalnya, dalam bisnis sehari-hari diharapkan mulai dikembangkan cara-cara daring atau online agar jangkauan pasar bisa luas serta bisa lebih meningkatkan perekonomian warga. Arus teknologi dan informasi selain menghadirkan banyak peluang ternyata juga tidak luput dengan tantangan-tantangannya, salah satunya adalah kencangnya arus informasi kabar miring atau hoax yang tak jarang membuat masyarakat panik dan terjerembab pada pengertian yang salah. Untuk itu diperlukan penyeimbang dalam menghadapi perkembangan zaman agar mampu memaksimalkan peluang dan meminimalisir tantangan yang berbuah celaka bagi masyarakat. Setelah berdiskusi banyak hal, kemudian Tim KKN-PPM UGM berpamitan yang ditandai dengan foto bersama dan penyerahan peta untuk mengetahui persebaran pendatang dari luar D.I. Yogyakarta ke Kelurahan Kalirejo (yang dibuat oleh tim sebelumnya).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:94
    Kemarin:321
    Total Pengunjung:196.077
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.100.120
    Browser:Mozilla 5.0