You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIREJO

Kap. Kokap, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Survei Lokasi Pengembangan Pamsimas Kalirejo Gunakan Geolistrik


Survei Lokasi Pengembangan Pamsimas Kalirejo Gunakan Geolistrik

-Pemerintah Kalurahan Kalirejo melaksanakan survei lokasi rencana pengembangan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang berlokasi di Padukuhan Sangon II RT 043 RW 13, Jum'at (26/11/2021). Dalam survei lokasi tersebut dilaksanakan pendeteksian potensi air tanah dengan metode geolistrik.

Metode geolistrik dipakai karena dianggap sebagai salah satu cara penyelidikan langsung di lapangan yang paling mudah dan cukup efektif untuk penelitian potensi air tanah adalah dengan metode survei geolistrik.

Metode ini digunakan untuk mendeteksi tahanan jenis batuan di bawah permukaan tanah dengan alat resistivity meter. Dari nilai parameter terlihat mana yang menghantarkan listrik paling baik dan mana yang tidak. Penghantar listrik yang paling baik diindikasikan sebagai air. Survei geolistrik akan memperoleh data yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan dimana titik lokasi pengeboran sumur dilakukan.

Bagikan artikel ini: