You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIREJO

Kap. Kokap, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

''Tunas Muda'' Kalirejo ke Malioboro dalam Gelar Budaya Selasa Wagen


KR-news (1/10)

Grup kesenian panjidur "Tunas Muda" dari Pedukuhan Sangon II menjadi kontingen yang mewakili Desa Budaya Kalirejo untuk turut serta mengisi acara dalam kegiatan Gelar Budaya Selasa Wage yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan DIY, Senin (1/10). Dalam acara tersebut, "Tunas Muda" bersama grup kesenian lain yang mewakili Desa Budaya se-DIY melaksanakan pentas kesenian yang digelar di Plaza Monumen SO 1 Maret.

Gelar Budaya Selasa Wage adalah pentas seni unggulan yang hanya ada di DIY yang menampilkan pagelaran kebudayaan yang menarik, komunikatif dengan menampilkan koreografi pertunjukan sehingga dapat dinikmati, dihayati dan diapresiasi. Gelar budaya tersebut bertujuan memperkenalkan desa budaya di DIY kepada para wisatawan dan khalayak ramai serta untuk menjaga kebudayaan agar tetap lestari.

Ada yang beda dari penampilan "Tunas Muda" dalam pentas tersebut dengan yang biasanya. Agar lebih menarik, mereka menggunakan kostum warna putih untuk laki-laki dan hitam untuk perempuan. Turut mendampingi dalam pentas tersebut, Pendamping Desa Budaya, Rubiyanto, Kades Lana S.Pd dan Sekdes, Sukardi.

Untuk diketahui, Gelar Budaya Selasa Wage telah dilaksanakan secara kontinyu sejak September 2017 yang bertempat di area sepanjang jalan Malioboro. Selasa Wage dipilih sebagai hari libur untuk aktifitas para pedagang Malioboro, sesuai dengan program Pemkot Yogyakarta. Pemilihan Selasa Wage pun tidak sembarangan karena hari pasaran jawa itu bertepatan dengan hari lahir Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Bagikan artikel ini: