You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIREJO

Kap. Kokap, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Gelar Potensi, Kalirejo Akan Bawa "Dumadining Gunung Kukusan" Ke Goa Kiskendo


KR (3/10)

Desa Kalirejo sebagai salah satu dari 15 Desa Budaya yang ada di Kabupaten Kulon Progo, akan mengikuti Gelar Potensi Desa Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang didanai Dana Keistimewaan DIY. Tahun ini, Gelar Potensi akan diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, (5-6 Oktober 2019) di Goa Kiskendo, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Gelar potensi akan menampilkan pertunjukan dan pameran seni budaya dan kuliner dari desa budaya.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Gelar Potensi Desa Budaya yang bertema "nyawiji greget sengguh ora mingkuh" akan menampilkan pertunjukan dari cerita rakyat yang berkembang di masing-masing desa budaya. Kontingen Desa Kalirejo akan mengangkat cerita rakyat "Dumadining Gunung Kukusan" yang menceritakan tentang asal muasal terbentuknya gunung kukusan. Gunung Kukusan sendiri berada di perbatasan Pedukuhan Papak dan Pedukuhan Kalibuko II. "Dumadining Gunung Kukusan" akan dipentaskan oleh puluhan pelaku seni lokal Kalirejo dalam bentuk sendratari kolosal pada Minggu (6/10) dan akan bergantian dengan pentas dari 7 kontingen Desa Budaya yang lain.

Selain pertunjukan sendratari kolosal, tim gelar potensi dari Desa Kalirejo juga akan membuka stand pameran yang akan menampilkan potensi lain dari Desa Kalirejo yang berwujud kuliner, kerajinan, dan potensi adat budaya yang lain. Stand pameran akan bertema janur dan buka 2 hari, Sabtu-Minggu (5-6 Oktober 2019).

Bagikan artikel ini: