You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIREJO

Kap. Kokap, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)


Rabu (17/7/2019) bertempat di Gedung Serba Guna Desa Kalirejo, Pemerintah Desa Kalirejo melalui Kasi Kemasyarakatan telah melaksanakan Sosialisasi Pola Hidup Dan Sehat (PHBS) yang bersumber dari anggaran APBDes Desa Kalirejo Tahun 2019.

Sosialisasi PHBS tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Desa Kalirejo melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu-individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. Setelah sosialisasi tersebut, diharapkan terciptanya masyarakat Desa Kalirejo yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, Pemerintah Desa Kalirejo bekerjasama dengan Puskesmas Kokap I untuk narasumber sosialisasi, yaitu Ibu Bekti Astuti dan Ibu Isna. Peserta sosialisasi berjumlah 40 orang dari  Perwakilan sekolah yang ada di Desa Kalirejo, Dukuh se-Desa Kalirejo, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kader posyandu. Sebagai narasumber, Ibu  Bekti menyampaikan tentang 10 Indikator Pola hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan penjelasan tentang penyakit TBC. Ibu Isna menyampaikan tentang Limbah Domestik Cair yaitu segala bentuk limbah cair sisa dari kegiatan rumah tangga, contohnya seperti sisa pencucian pakaian yang mengandung sabun atau deterjen, air pencucian piring, air yang telah dipakai untuk mandi, dan air kotoran manusia. Selanjutnya menyampaikan tentang dampak yang bisa ditimbulkan oleh limbah domestik cair tersebut dan bagaimana cara pengelolaannya agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan bagi orang di sekitarnya.

 

Bagikan artikel ini: