You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan KALIREJO

Kap. Kokap, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Edukasi Pengasuhan 1000 HPK


Edukasi Pengasuhan 1000 HPK

Sebagai bagian dalam upaya penanganan stunting, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD Dalduk & KB) Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan Edukasi Pengasuhan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) di Kalurahan Kalirejo. 1000 HPK adalah fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin pada saat kehamilan (270 hari) sampai dengan anak berusia 2 tahun (730 hari). Pada periode inilah organ-organ vital (otak, hati, jantung, ginjal, tulang, tangan atau lengan, kaki dan organ tubuh lainnya mulai terbentuk dan terus berkembang.

Kegiatan edukasi di Kalirejo menyasar ibu hamil (bumil), orang tua anak bawah dua tahun (baduta), pasangan baru menikah, calon manten, kader posbindu dan kader posyandu. Kegiatan edukasi di Kalirejo direncanakan dilaksanakan dalam 3 sesi mulai Selasa sampai Kamis (16-18/11/2021) di Ruang Rapat Kantor Kalurahan Kalirejo.

Dalam kegiatan di hari pertama, narasumber yang dihadirkan adalah Ibu Rina Pujiastuti, A.Md.Keb selaku pegawai Puskesmas Kokap I sekaligus Bidan Desa di Kalurahan Kalirejo. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan materi tentang asupan gizi yang tepat bagi bumil dan baduta ternasuk cara menyusui yang benar, stimulasi, pola asuhan, dan perawatan kesehatan yang harapannya dengan pengasuhan yang tepat akan dapat menekan angka stunting pada anak.

Bagikan artikel ini: