Selamat datang di website resmi Kalurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Iistimewa Yogyakarta.

Artikel

Kerja Bakti Membersiapkan Acara Merti Dukuh

20 Januari 2023 00:20:02  kknugm  847 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sebagai persiapan acara merti padukuhan warga di setiap RT di Padukuhan Kalibuko I serempak melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan masing-masing RT. Dalam kegiatan kerja bakti ini membuktikan perilaku gotong royong masih terjaga dengan baik di dukuh Kalibuka I ini. Prosesi merti dukuh akan dilaksanakan pada tanggal 5 februari 2023 dirumah salah satu warga.

Merti Padukuhan atau bersih dusun merupakan upacara adat yang telah di lakukan secara terun temurun. Inti dari acara ini adalah melakukan kegiatan pembersihan lingkungan. Selain itu ada beberapa prosesi lain dalam serangkaian acara merti padukuhan antara lain, membersihkan lokasi petilasan Sebatur, membersihkan Lokasi Bambu/Pring Gede, kirab, Kepungan atau selamatan, dan pagelaran wayang kulit.

Menilas balik sejarah awal prosesi merti dukuh. Berdasarkan penuturan dari beberapa tokoh masyarakat bersih desa sudah ada sejak jaman pemerintahan Kita Bangsa sekitar tahun 1877 masehi atau jaman Lurah pertama Kalibuka. Dalam pelaksanaannya baru pada taraf selamatan (dalam bahasa jawa Ruwat Bumi). Dilanjutkan oleh Lurah kedua yakni R.Joyodikoro sekitar tahun 1898. Baru pada zaman pemerintahan Lurah ketiga Kalibuko yaitu R.Jayaprawira sekitar tahun 1918 dalam pelaksanaan selamatan bersih desa diadakan pentas wayang kulit.

Pada waktu itu Kalurahan Kalirejo belum terbentuk, yang ada adalah Kelurahan Kalibuka, Kelurahan Plampang (Ki Diparejo) dan Kelurahan Sangon (Ki Kartodimeja). Tahun 1942 dari ketiga kelurahan tersebut digabung menjadi satu menjadi nama Kalirejo. Adapun lurah pertama Kalirejo adalah R. Mangkurejo/ R Mangkuredja. Masa pemerintahan Lurah pertama antara tahun 1942 sampai dengan tahun 1961. Wilayah pemerintahan meliputi 9 (sembilan) pedukuhan antara lain : Kalibuka I (Harjoprawiro), Kalibuka II ( R. Prawirodikoro ), Papak, sangon I, sangon II, Sengir, Plampang I, Plampang II, Plampang III. Dalam rangka penggabungan tiga kelurahan tersebut dan dengan melestarikan adat tradisi budaya jawa yang telah lama berjalan, maka Lurah R. Mangkurejo mengadakan musyawarah bersama dukuh dan perabot untuk tetap melestarikan adat budaya ayang ada.

Pada awalnya tata cara bersih dukuh dilakukan dari membersihkan lingkungan rumah dan linngkungan pedukuhan yang dilanjutkan pada 9 petilasan Sunan Kalijaga. Namun kurun berjalannya waktu pelaksanaan bersih dukuh di kalibuka sudah banyak perubahan. Dan sampai saat ini pelaksanaan bersih dukuh antara lain, membersihkan lokasi Sebatur, membersihkan Lokasi Bambu/Pring Gede, kirab, Kepungan atau selamatan, dan pagelaran wayang kulit.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:125
    Kemarin:350
    Total Pengunjung:220.406
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.142.143
    Browser:Tidak ditemukan